SPP PNPM


        Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan (PNPM-Mpd) merupakan sebuah program pengentasan kemiskinan sebagai tindak lanjut, pengembangan dan penyempurnaan dari program-program yang telah ada sebelumnya. Terutama dalam hal pendekatan dan manajemen program. PNPM telah berusaha menanggulangi kemiskinan secara lebih terpadu dan menyeluruh dengan melibatkan partisipasi aktif masyarakat, lembaga swasta dan dinas-dinas yang berkompeten.

        Seiring dengan berjalannya waktu pelaksanaan PNPM tentu saja banyak hal yang telah dicapai selama ini. Begitu besarnya peran dan tanggung jawab ketua/pengurus SPP Perguliran  di tiap –tiap desa, sehingga tidak salah kalau dikatakan Pengurus SPP itu merupakan “Jantung PNPM dan sentral kegiatan dan informasi” PNPM di Desa. Perubahan peran tersebut tentunya harus dibarengi dengan pendampingan, pembinaan dan pelatihan bagi pengurus SPP agar dapat menjalankan peran dan tugasnya sesuai harapan.

Kegiatan ekonomi perguliran yang di laksanakan di kecamatan sukoharjo sangat menarik untuk di cermati, di pahami dan di petik hasilnya bagi yang baik dan koreksi dibenarkan bagi pengelolaanya tidak sesuai aturan yang sudah ada,

Berdasarkan hasil kajian dan pengalaman saya ketika berkunjung ke lapangan banyak pengalaman yang menarik dan lebih banyak saya temui masalah yang tidak menarik/buruk untuk pengelolaan dana perguliran.       

1.   Menarik dan baik untuk di laksanakan.
Mergosari merupakan desa di wilayah kecamatan sukoharjo pada tahun 2008 sampai tahun 2012 mendapatkan dana dari PNPM yang di antaranya untuk SPP, dalam pengelolaan dana tersebut di kelola oleh kelompok ibu-ibu yang mempunyai Sifat :
a.   Taqwa kepada Allah
b.   Jujur
c.   Tanggung jawab 
d.   Transparan dalam mengelola dana
e.Kerja keras dalam melaksanakan pekerjaan.

2.   Tidak menarik untuk di bahas
Di beberapa desa di kecamatan sukoharjo ada desa yang bermasalah dalam pengelolaan program PNPM, masalah muncul di karenakan.
a.   Hilang ingatan
b.   Hilang Rasa tanggung jawab
c.   Hilang rasa malu
d.   Dan hilang segalanya .

Ada beberapa kalimat yang muncul dari kelompok SPP yang macet mereka bilang “yang penting pas MAD lunas pinjamanya Mari kita pelajari kenapa ibu tersebut bicara seperti itu…………??????

Perubahan hanya soal waktu, jangan takut akan perubahan,           
 tinggal menjaga kepercayaan yang diberikan kepada kita”

Ingat !

Dibelakang kita ada masyarakat yang sangat membutuhkan kita, maka mari kita bekerja keras dan professional untuk mereka!

Tempatkan seseorang pada tempat yang tepat! Dan jangan lakukan tindakan konyol dan bodoh karena kita hadir ditengah tengah mereka (masyarakat) untuk mengajak mereka berfikir maju……..!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SK BP UPK PNPM-MPd Sukoharjo wonosobo

Profil sukoharjo wonosobo

Bagi kampoeng sukoharjo wonosobo